Jumat, 26 Desember 2014

Tentang Penyakit Radang Panggul

Pengertian radang panggul

Pelvic inflammatory (PID) atau penyakit radang panggul adalah infeksi pada saluran genital wanita bagian atas, termasuk rahim, saluran tuba dan ovarium.
Radang panggul adalah kondisi umum, meskipun tidak jelas berapa banyak wanita yang terpengaruh di Inggris karena tidak selalu memiliki gejala yang jelas.
PID kebanyakan mempengaruhi wanita aktif secara seksual sejak usia 15 sampai 24.

Gejala atau ciri ciri radang panggul

PID bisa sulit untuk mengenali jika gejala yang ringan, dan beberapa wanita tidak memiliki gejala apapun.
Kebanyakan wanita memiliki gejala ringan yang mungkin mencakup satu atau lebih hal berikut:
Rasa sakit terdapat di sekitar panggul atau perut bagian bawah (perut)
Ketidaknyamanan yang terjadi pada saat melakukan hubungan seksual dan ini dirasakan jauh di dalam panggul
- nyeri saat buang air kecil
– perdarahan antara menstruasi dan setelah berhubungan seks
– periode berat atau menyakitkan
– keputihan yang tidak biasa, terutama jika itu adalah kuning atau hijau

Beberapa wanita menjadi sangat sakit ketika mengalami:

- sakit perut parah yang lebih rendah
– suhu tinggi (demam)
– mual dan muntah
– Ketika mencari nasihat medis
Sangat penting untuk mengunjungi dokter atau klinik kesehatan seksual jika Anda mengalami salah satu gejala di atas. Jika Anda memiliki sakit parah Anda harus mencari perhatian medis yang mendesak dari dokter atau gawat darurat lokal. Menunda pengobatan untuk episode PID atau telah berulang PID dapat meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang yang serius dan (lihat di bawah).
Tidak ada tes sederhana untuk mendiagnosa PID. Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan temuan dari kelembutan pada vagina (internal) pemeriksaan. Swab akan diambil dari vagina dan leher rahim (leher rahim), namun penyeka negatif tidak mengecualikan PID.
Baca lebih lanjut tentang penyembuhan radang panggul.

Penyebab penyakit radang panggul

Sebagian besar kasus penyakit radang panggul dapat disebabkan oleh infeksi bakteri yang telah menyebar dari vagina atau leher rahim ke organ reproduksi yang lebih tinggi.
Banyak jenis bakteri dapat menyebabkan radang panggul. Dalam sekitar satu dari setiap empat kasus disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia atau gonore. Dalam banyak kasus lain disebabkan oleh bakteri yang biasanya hidup di vagina.
Baca lebih lanjut tentang pengobatan radang panggul.

Bagaimana penyakit radang panggul diperlakukan

Jika didiagnosis pada tahap awal, PID dapat diobati dengan antibiotik, yang biasanya berlangsung selama 14 hari. Anda akan diberikan campuran antibiotik untuk menutupi infeksi yang paling mungkin, dan sering suntikan serta tablet.
Hal ini penting untuk menyelesaikan seluruh program dan menghindari hubungan seksual selama ini untuk membantu memastikan membersihkan infeksi.
Pasangan seksual Anda baru-baru ini juga akan perlu diuji dan diobati untuk menghentikan infeksi berulang atau yang menyebar ke orang lain.
Baca lebih lanjut tentang obat radang panggul.

Komplikasi penyakit radang panggul

Tuba falopi bisa menjadi bekas luka dan menyempit jika mereka dipengaruhi oleh PID. Hal ini dapat membuat sulit bagi telur untuk lulus dari ovarium ke rahim, yang dapat meningkatkan kesempatan Anda memiliki kehamilan ektopik (kehamilan di saluran tuba bukan rahim) di masa depan, dan dapat membuat beberapa wanita infertil .
Diperkirakan bahwa sekitar satu dari setiap 10 wanita dengan PID menjadi subur sebagai akibat dari kondisi tersebut, dengan risiko tertinggi pada wanita yang memiliki perawatan yang terlambat atau episode berulang dari PID. Namun, kebanyakan wanita yang dirawat untuk PID masih akan bisa hamil tanpa masalah.
Baca lebih lanjut tentang komplikasi PID.

Mencegah penyakit radang panggul

Anda dapat membantu mengurangi risiko PID dengan selalu menggunakan kondom dengan pasangan seksual baru sampai mereka memiliki pemeriksaan kesehatan seksual. Chlamydia adalah sangat umum pada pria muda, dan sebagian besar tidak memiliki gejala apapun.
Jika Anda khawatir Anda mungkin memiliki IMS (penyakit kelamin), kunjungi GUM setempat atau klinik kesehatan seksual untuk meminta nasihat. Cari klinik kesehatan seksual setempat .

Pantangan Makanan Penderita Radang Panggul

Sebaiknya penderita Penyakit Radang Panggul melakukan pengobatan secara benar dan tidak perlu menghindari makanan tertentu, sebaiknya atur pola makan secara baik dan memperhatikan kebersihan makanan tersebut.

Pengobatan Tradisional

Bahan-Bahan

  • 60gram rumput mutiara segar
  • 25gram kunyit tua segar
  • 30gram temu putih segar
Cara Membuat
Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400cc, lalu saring tunggu sampaiagak hangat, Minum 2kali sehari.

Resep 2

  • 30 gram jombang segar/15 gram kering
  • 15 gram sambiloto kering.

Cara Membuat
Cuci bersih semua bahan,lalu rebus dengan air mendidih 600 cc hingga tersisa 300 cc, setelah itu saring, minum 2kali sehari.

Terapi
Tujuan utama terapi penyakit ini adalah mencegah kerusakan saluran tuba yang dapat mengakibatkan infertilitas (tidak subur) dan kehamilan ektopik, serta pencegahan dari infeksi kronik.
Pengobatan dengan antibiotik, baik disuntik maupun diminum sesuai dengan bakteri penyebab adalah pilihan utama. Kontrol setelah pengobatan sebanyak 2-3 kali diperlukan untuk melihat hasil dan perkembangan dari pengobatan.

1 komentar:

  1. Apa anda memiliki keluhan penyakit kelamin yang sukar untuk di sembuhkan? sudah mencoba berbagai macam obat dan pengobatan namun masih belum kunjung sembuh? mungkin anda membutuhkan penanganan khusus oleh dokter ahli spesialis kulit dan kelamin. silahkan kunjungi klinik apollo untuk melakukan reservasi dan menemukan obat yang anda butuhkan. klinik apollo merupakan klinik spesialis kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman dibidangnya. dibantu peralatan medis lengkap serta dokter yang berpengalaman, silakan kunjungi klinik apollo untuk mendapatkan penanganan segera.
    wartadokter
    klinik apollo
    http://klinikapollo.com/

    BalasHapus